You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sandi Ingin Gedung Pusat Kebudayaan Betawi Eks Kodim Jatinegara Dioptimalisasikan
.
photo Punto Likmiardi - Beritajakarta.id

Sandi Minta Pemanfaatan Gedung Eks Kodim 0505 Dioptimalkan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meminta bangunan cagar budaya Gedung eks Kodim 0505, di Jl Raya Bekasi Timur, Jarinegara, Jakarta Timur, lebih dioptimalkan untuk melestarikan dan memajukan seni dan budaya Betawi.

Terus dioptimalkan, dibuat kegiatan-kegiatan sebagai basis budaya Betawi. Ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan kebangkitan kebudayaan Betawi. Saya akan terus mendukung

Menurutnya, saat kali pertama melihat gedung ini dirinya merasa takjub. Sebab, propertinya bagus dan berada di lahan yang cukup luas.

"Alangkah baik kalau dapat lebih dioptimalkan pengelolaannya. Nanti akan kita bicarakan dengan Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), serta Wali Kota Jakarta Timur," kata Sandi (27/10).

Pemprov DKI Dukung Kegiatan Keriaan Betawi Jatinegara

Selain perawatan, sambungnya, gedung bersejarah ini harus bisa menjadi sentra kegiatan atau acara kebudayaan Betawi. Sehingga, bisa selaras dengan komitmen Pemprov DKI untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan Betawi.

"Perlu banyak kegiatan sebagai basis budaya Betawi, saya terus mendukung. Ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan kebangkitan kebudayaan Betawi," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Disparbud DKI Jakarta, Tinia Budiati menambahkan, pihaknya berencana melakukan renovasi atau perawatan gedung tersebut. Pasalnya, gedung yang mirip "White House" ini terakhir direnovasi di tahun 2010.

"Renovasi perlu dilakukan agar kerusakan yang terjadi tidak semakin banyak. Bagian-bagian tembok yang retak sudah seharusnya cepat diperbaiki," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk memulai pemanfaatannya, keriaan yang sifatnya sesaat saja tidak cukup. Namun, perlu ada aktivitas atau kegiatan sebagai representasi kebudayaan Betawi yang rutin digelar di gedung ini.

"Kami harus memulainya dengan beberapa kegiatan. Tadi, Pak Wagub juga menyampaikan, tidak cukup dengan hanya keriaan saja, harus ada aktivitas nyata di sini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1255 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati